Story of Our Life

Share our experiences with everyone

News – Kemacetan di Jakarta January 19, 2011

Filed under: News — droolingbear @ 6:35 am
Tags: , ,

Siang ini saya membaca salah satu article di detikfinance mengenai kemacetan di jakarta yang kurang wajar. Kemacetan di jakarta kurang wajar, dimana hanya 60 persen waktu bergerak dan kalau macet itu tidak sampai stuck dijalan, seperti yang di sampaikan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Soesantono saat ditemui di seminar infrastruktur di Hotel JW Marriot, Jakarta, Rabu (19/1/2011)

Kalau ada survei Menko yang menyebutkan hanya 60 persen waktu bergerak, itu menurut saya kurang wajar,” ujar Bambang.

Kalau ada macet, ngggak stuck kalau dalam tanda kutip wajar, karena kalau kamu ke kota besar di dunia kan juga macet, Tokyo, Paris, London. Mereka sudah punya angkutan segala macam kan,” ujarnya.

Menurut saya juga macet di Jakarta semakin tidak wajar, jam-jam yang biasanya macet biasa-biasa saja, sekarang menjadi stuck. Contohnya di depan gedung MPR, saya semenjak pengaktifan jalur busway di daerah itu, tidak pernah melihat jalan itu lancar. Selalu stuck dimulai dari depan taman ria, ya saya jadi selalu lewat tol, namun, tol tetap macet sampai ke pintu tol keluar slipi dan itu juga macet setelah keluar.

Saya kemudian mencoba untuk naik busway, ya nyaman sih, namun tetap suka terjebak macet saat busway keluar dari jalur yang ada pembatasnya. Apalagi saat pulang dari grogol ke arah tebet, buswaynya sempet stuck di slipi dan jembatan semanggi, dalam hati saya, naik busway aja juga kena macet.

Menurut Bambang Soesantono, bisa ada 2 cara untuk menguranginya, yaitu dengan memperbagus transportasi masal yang dimiliki (kereta api dan Busway) agar masyarakat merasakan kenyamanan untuk menaikinya. Atau mengimplementasikan pengadaan lahan parkir di dekat beberapa tempat kereta api dan busway.

Menurut saya, itu salah satu cara penyelesaian yang efektif, saya sangat mendukung. Di tambah lagi armada buswaynya dan di perbagus kereta apinya, keamanan juga harus menjadi salah satu komponen yang harus di lihat. Dan juga perlu juga ada penyuluhan kepada masyarakat agar masyarakat ada kemauan untuk naik angkutan umum.

sumber detik

 

Leave a Reply

