Story of Our Life

Share our experiences with everyone

Experience – Menjaga Pelanggan? January 24, 2011

Filed under: Experiences — droolingbear @ 11:54 am
Tags: , , , ,

Saya mau mencoba memberikan salah satu tips mengenai cara menjaga pelanggan. Meski saya masih awam mengenai hal seperti ini, saya mencoba sharing berdasarkan pengalaman saya.

Misalkan sebuah toko mainan rakitan mobil / RC , mengadakan perlombaan dengan hadiah yang mengiurkan, contohnya juara 1 Rp. 1 juta, juara 2 Rp. 500 ribu, Juara 3 dan 4 Rp. 250 ribu. Biaya pendaftaran adalah 150.000. Tempat dan segala fasilitas untuk perlombaannya ditanggung toko sebagai penyelenggara. Toko berharap dengan hadiah seperti ini, peserta akan lebih dari 20 orang, namun pada kenyataannya, yang datang hanya 16 orang.

Menurut perhitungan 16 x Rp.150 ribu = 2,4 juta, dimana sudah menutupi dana untuk memberikan hadiah, namun belum menutupi beban lainnya yang lebih dari 400 ribu, dengan kata lain, toko mengalami kerugian. Apa yang perlu dilakukan toko?

Kalau toko di tengah-tengah perlombaan tiba-tiba mengubah hadiah menjadi; Juara 1 Rp. 500 ribu; Juara 2 Rp. 250.000; Juara 3 dan 4 Rp. 150 ribu, menurut saya itu akan membuat pelanggan tidak akan mau datang lagi ke toko tersebut untuk hari berikutnya. Mengapa? Kecewa pastinya, pelanggan mengharapkan sesuatu yang lebih dari perlombaan yang pendaftarannya cukup mahal dan melelahkan karena dilakukan dengan berbagai ronde. Namun toko mengecewakannya, apabila ada banyak tempat lain yang menyelenggarakan perlombaan dengan hadiah biasa-biasa saja namun tetap dengan apa yang telah di umumkan, para pelanggan akan berpindah tempat ke toko-toko tersebut.

Menurut saya, toko harus bisa terima resiko bila terjadi seperti ini. Yaa istilahnya nombokin memakai uang sendiri. Meski efeknya merugikan toko, ini dapat tetap menjaga kesetiaan pelanggan. Atau kalau emang pada dasarnya tidak yakin atau tidak bisa menyelenggarakan dengan ahdiah seperti ini, mending tidak usah.

Ini sedikit sharing dari saya, semoga dapat membantu.

 

3 Responses to “Experience – Menjaga Pelanggan?”

  1. ayah Says:

    waaaaa bagus sekali..saya akan memperhatikan nya

  2. sih jay kay Says:

    waaaww, yunomisowel, ainoyusowel, san aihartyuuuu

  3. […] Merekrut pemain baru agar komunitas lebih besar. Sebelumnya saya pernah juga membahas mengenai tips menjaga pelanggan juga dimana toko harus bisa memberikan apa yang telah toko janjikan pada saat […]


Leave a Reply

