Story of Our Life

Share our experiences with everyone

Gaji Auditor 2013 January 8, 2013

Seberapa banyak dari fresh graduate akuntansi di Indonesia yang bekerja sebagai auditor? Saya yakin sangat banyak. Sangat banyak. mengapa saya yakin? Karena kebutuhan akan auditor di indonesia yang meningkat dan juga Kantor Akuntan Publik (KAP) merupakan salah satu institusi yang cepat tanggap merekrut para lulusan akuntansi.

Dari lulusan 3,5 tahun dengan IPK tinggi sampai lulus 7 tahun dengan IPK pas-pasan juga dapat bekerja sebagai auditor di Indonesia. Ini karena dalam hal audit, bisa dilatih secara perlahan dengan pengalaman pada setiap engagement client, yang penting para auditor mempunyai dasar akuntansi.

Namun, sayang sekali, kerjaan sebagai auditor itu yaa tidak enak. Kerjaan menumpuk dan bertubi-tubi sampai hari sabtu, minggu, libur nasional pun masuk, sehingga sering sekali para auditor mempunyai sebutan “No Lifer”. Ya tidak punya kehidupan karena “UnSos” atau tidak bersosialisasi, hanya memikirkan pekerjaan dan tentunya dengan GAJI yang tidak sepadan dengan perkerjaannya.

Gaji, ya kita tentunya akan membahas gaji yang menjadi prioritas dalam mencari pekerjaan. Berapa sih gaji untuk fresh graduate yang seperti kata orang tidak sepadan itu?

KAP yang ada di Jakarta antara lain:

PWC – 4,75 Juta -Gross
EY – 4,5 – 5 Jt -Gross
Delloite – 4,5 Jt -Gross
KPMG – 4,4 Juta -Nett
BDO – 2,7 – 3,4 Juta
Grant Thornton – 2,8 – 3,2 Juta
AAJ – 2,7 – 3,2 Juta
Mazars – 3,3 – 3,5 Juta
Johanes – 3,2 Juta
Moore Stephens – 2,5 – 3 Juta
PKF – 2,4 – 2,8 Juta
Kreston – 2,5 – 2,8 Juta
DFK – 2,7 – 3 Juta
Others – 600 ribu – 2,5 Juta

Note: Angka diatas berdasarkan sepengetahuan saya dan info-info yang saya dengar dari teman.

Setelah melihat gaji diatas, menurut saya itu cukup lumayan yah. apa lagi untuk yang big four. Coba bayangkan kamu dengan gaji segitu + lemburan,dan pekerjaan yang menumpuk tiap harinya, kamu dapat menabung yang banyak, karena pastinya uang kalian tidak akan kemana-mana. Kalau dipake karena sakit pun anantinya akan diganti oleh kantor. Ya kan? Dan juga, dengan banyaknya kerjaan, ilmu kamu akan berkembang dengan cepat, jadi setelah resign dari sini, kamu bisa pindah ke tempat lain (Company) sebagai manager atau assistant manager dengan kemampuan yang lebih. Mantab kan?

Bagaimana tanggapan kalian setelah melihat gaji dan penjelasan sekilas tentang auditor diatas? Masih pengen jadi auditor?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s